Thursday, September 18, 2008

Rahasia Kue Renyah (1)

* Supaya kue kering tetap renyah, sebaiknya gunakan kocokan berbentuk pipih dan bukan kocokan kawat yang halus. Dengan alat berbentuk pipih ini, mentega bisa tersebar dengan baik dan merata.

* Jika ingin kue terasa renyah, disarankan untuk menyangrai tepung terigu hingga kering. Cara lain, jemur di bawah terik matahari.

* Usahakan tidak mengocok mentega terlalu lama agar adonan tidak terlalu lembek dan susah dicetak. Tak perlu pula sampai mengembang atau terlalu putih. Kocok beberapa saat saja, yang penting semua bahan tercampur rata.

* Untuk mendapatkan kue kering yang renyah dan tidak melebar, ganti kuning telur mentah dengan kuning telur rebus yang sudah dihaluskan (disaring) dalam jumlah sama lalu olah seperti petunjuk resep.

* Khusus untuk adonan dasar, ingat rumus 1:1:3:10. Masing-masing adalah untuk gula, mentega, tepung terigu, dan telur.

* Pakailah terigu berprotein rendah dan yang benar-benar kering.

* Setelah tepung terigu dimasukkan, jangan uleni adonan karena adonan akan menghasilkan gluten dan jadi bantat. Sebaiknya, aduk adonan hingga semua bahan tercampur rata. Setelah adonan tercampur, segera bentuk sesuai selera. Jangan biarkan adonan terlalu lama disimpan pada suhu kamar 37ÂșC, karena minyak dalam adonan akan keluar. Akibatnya, jadi kaku, susah dibentuk, dan kue jadi keras.

* Jika kue kering yang dibuat akan menggunakan buah/manisan kering sebagai hiasan atau penambah rasa, cuci dulu, lalu tiriskan. Ini untuk menghindari agar kue kering tampil menarik tanpa ada buah kering yang terlihat gosong.

* Mengaduk adonan dengan tangan tak perlu dilakukan terlalu lama dan sering. Masalahnya, panas tubuh (di tangan) akan membuat adonan menjadi "matang". Lebih baik gunakan sendok kayu. Cara lain, adonan dibagi menjadi beberapa bagian dan kerjakan secara bertahap.

* Teknik menguleni adonan amat penting dalam proses pembuatan kue kering agar kue tak keras setelah jadi. Cukup remas perlahan adonan kue dengan jari-jari, tak perlu ditekan kelewat keras. Jangan pula menguleni adonan terlalu lama.

Sumber: http://www.tabloidnova.com/article.php?name=/rahasia-kue-renyah-1&channel=tips

No comments: